Pengertian Penyesuaian Sosial

artikel psikologi dalam DuniaPsikologi

Penyesuaian adalah proses yang dilakukan individu pada saat menghadapi situasi dari dalam maupun dari luar dirinya. Pada saat individu mengatasi kebutuhan, dorongan-dorongan, tegangan dan konflik yang dialami agar dapat menghadapi kondisi tersebut dengan baik. Ada beberapa jenis penyesuaian antara lain penyesuaian sosial. 

Hurlock ( 1990 ) menyatakan bahwa penyesuaian sosial merupakan keberhasilan seseorang untuk menyesuaikan diri terhadap orang lain pada umumnya dan terhadap kelompok pada khususnya. Menurut Jourard ( dalam Hurlock, 1990 ) salah satu indikasi penyesuaian sosial yang berhasil adalah kemampuan untuk menetapkan hubungan yang dekat dengan seseorang. 

Dikatakan oleh Schneirders (dalam Hurlock, 1990 ) penyesuaian sosial merupakan proses mental dan tingkah laku yang mendorong seseorang untuk menyesuaikan diri dengan keinginan yang berasal dari dalam diri sendiri yang dapat diterima oleh lingkungannya. 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penyesuaian sosial merupakan tingkah laku yang mendorong seseorang untuk menyesuaikan diri dengan orang lain dan kelompok sesuai dengan keinginan dari dalam dan tuntutan lingkungan.

rujukan buku :

Hurlock, Elizabeth B., Alih Bahasa : Med Meitasari T dan Muslichah Z.,
1990. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Lihat Artikel Psikologi Lainnya

0 Comments:

Post a Comment